Pengalaman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di Labschool tahun 2017

     Halo! Namaku Nuna, aku akan menceritakan pengalamanku selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2017 di Labschool. MPLS dimulai pada hari Sabtu, 8 Juli 2017. Kami semua berkumpul di Labschool untuk pengenalan dan pembagian grup MPLS, rasanya  aku malu untuk memperkenalkan diri ke orang lain, aku juga agak gugup ketika melihat ada banyak orang. Saat grup MPLS aku berada di grup 7B, tapi pertama-tama kami semua berkumpul di lapangan, setelah itu ada pengenalan guru, dan lagu-lagu Labschool seperti Halo-Halo Labschool. Setelah itu kita dibimbing KP (kakak penghubung/pendamping) atau kakak OSIS ke kelas. Mereka pun juga memperkenalkan diri, KP di kelas 7B adalah kakak Ayumi, Hanif, Kusuma, dan  Zalma. Aku sekelas bersama Salsa, temanku dari SD dan aku berkenalan dengan temannya Salsa, Keisha yang duduk di sebelahku. Tak lama kemudian datanglah pak Kasdi, guru pembimbing kelas 7B, pak Kasdi memberi tahu tentang seragam, seperti apa bersekolah di Labschool, dan lain-lain. Saat jam 9 semuanya sudah diperkenankan pulang.
     Hari Senin berikutnya, seluruh kelas 7 dan kelas 10 berkumpul di lapangan Labschool untuk melaksanakan apel dan Halal bi Halal. Saat di lapangan Keisha memperkenalkan teman barunya, Shabha, ke aku dan Salsa, beberapa menit kemudian, semuanya disuruh berbaris, aku dan Shabha pun langsung akrab. Waktu Halal bi Halal kita berbincang-bincang seru (jangan diikuti ya), setelah selesai kita pun salim sama guru-guru SMP dan tos sama kakak kakak OSIS. Setelah itu kelas 7 ke kelasnya masing-masing dan bersiap-siap pulang. Kita boleh pulang jika murid-murid sudah  tertib dan rapi dan  sudah baca doa sebelum pulang. 
       Hari Selasa, semua kelas 7 bersama OSIS dan MPK berkumpul di Teater kecil dan diberi tahu 10 karakter Labschool, budaya SMP Labschool, tata tertib Labschool dan bangga menjadi anak Labschool. Menurutku  hal-hal ini penting karena kita jadi tahu seperti apa bersekolah di Labschool, dan budaya Labschool. Setelah salat Ashar berjamaah, kita boleh pulang.
    Hari Rabu, kita melakukan simulasi lari Jumat di sekitar Labschool dan Universitas Negeri Jakarta, dibimbing oleh kakak-kakak OSIS, dan setelah itu ada senam bersama di lapangan SMA Labschool. Setelah semuanya kembali ke kelas dan minum air, masing-masing kelas dibimbing kakak pembimbing/penghubung keliling sekitar Labschool. Kita berkeliling sekolah melihat Hall basket (yang senang basket pasti suka lapangannya), Perpustakaan (yang sangat bagus), Lab Biologi, Lab BTIK, ruang seni musik, dan kelas 8 dan 9. Saat selesai Labzone (keliling Labschool) kita ganti baju di ruang ganti baju  untuk mengikuti pelantikan pramuka, dan makan siang. Setelah istirahat, kita sholat Dzuhur dan mendengarkan kultum di masjid Labschool yang sangat besar, dan bisa memuat semua murid SMP Labschool. Murid perempuan sholat di lantai 3 sementara yang laki laki di lantai 2. Acara selanjutnya adalah berkumpul di Teater kecil untuk mendengarkan materi “motivasi siswa berkarakter dan berprestasi”dan kemudian pulang.

    Hari Kamis ada pensi MPLS 2017 di Teater kecil. Semua kelas harus menyanyikan yel-yel kelasnya, baru tampil.  Ada banyak sekali murid kelas 7 yang tampil, ada yang main piano, menari, main band, menyanyi, tutup mata sambil main rubik (berhasil!) dan lain lain, pokoknya sangat mengasyikan untuk ditonton. Ketka semuanya sudah selesai tampil, diadakan apel penutup dan pengumuman peserta terbaik MPLS. Kriteria peserta terbaik MPLS harus aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, yang diwakili oleh satu laki-laki dan satu perempuan. Setelah acara dinyatakan selesai, semua kakak OSIS dan MPK memperkenalkan diri. Pokoknya MPLS ini acara yang tak akan terlupakan, aku senang dan bersyukur bisa masuk ke Labschool dan kuharapkan adik-adik kelas tahun-tahun berikutnya juga akan menikmati Labschool seperti aku dan teman-temanku nanti.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menampilkan Tari Saman di Pentas Seni Gamacentia SMP Labschool 2017

Mudah menjadi youtuber profesional

Liburanku di Banyuwangi - Menikmati Laut, Gunung dan Hutan