Menampilkan Tari Saman di Pentas Seni Gamacentia SMP Labschool 2017


Hari Sabtu tanggal 18 November 2017. SMP Labschool Rawamangun mengadakan pentas seni bertema Timur Tengah. Pentas seni ini adalah acara yang ditunggu-tunggu seluruh murid SMP Labschool. Setiap tahun, pensi di Labschool diorganisir oleh kelas 8, dan dihadiri oleh semua siswa dan orang tua siswa. Hampir seluruh ekskul akan menampilkan pertunjukan yang sudah dilatih berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Hampir semua ekskul akan tampil. Ada pertunjukan tari modern, DJ, ngerap, band, teater, nyanyi, yoyo dan tentunya tari Saman. Aku juga akan tampil menarikan Saman. Aku sudah berlatih tari Saman sejak bulan Juli.
Pensi Gamacentia dimulai pukul 08.00, tapi aku datang pukul 7 pagi untuk melakukan kegiatan Labscare terlebih dulu. Temanku bahkan ada yang datang  jam 6 pagi. Kegiatan Labscare yang kulakukan hari itu adalah membantu jualan makanan dan melayani cek kesehatan.  Aku melaksanakan Labscare dari jam 7.30 sampai jam 8.30. Sepanjang acara ada juga teman-teman lain yang juga bertugas mengambil sampah dan membuang pada tempatnya.
Sesuai dengan tema Pensi Gamacentia 2017 yang ala Timur Tengah, panggung dan photo booth didekorasi serupa. Kelas 8 mengorganisir acara dengan baik, acara berjalan lancar dan meriah. Guru-guru datang dan menonton acaranya, ada juga siswa undangan dari Labschool Cibubur dan Labschool  Kebayoran. Sebetulnya siapapun pun bisa menonton karena masuknya gratis. Setelah sambutan , acara pun dimulai. Ada beberapa anak yang bernyanyi, ada juga dangdutan.
Jam 8.30, aku dan teman-teman yang akan menari saman pergi ke Auditorium untuk bersiap-siap. Kami didandani  dan memakai kostum tari Saman. Jumlah seluruh penari Saman sekitar 55 orang, terdiri dari siswa kelas 7 dan 8. Karena jumlah penari yang didandani banyak dan persiapannya cukup lama, aku tidak bisa menonton seluruh pertunjukan pensi. Walaupun demikian aku sempat melihat sekilas pertunjukannya ketika aku kebawah untuk ke toilet dan membeli makanan.  Sambutan penonton ramai sekali ketika tiba pertunjukan DJ dan tarian dari ekskul Zelofus, pokoknya sangat menyenangkan.
Makanan yang dijual di Pensi Gamacentia 2017 banyak sekali, ada risoles, nasi ayam, gorengan, brownies, kentang goreng, nasi kepal, es teh, jus buah, thai tea, latte dan masih banyak lagi. Penonton dan siswa yang datang ke Labschool tidak akan kekurangan pilihan makanan.
Giliran tarian Saman tampil adalah jam 14.00 siang. Sebelum tampil, kami latihan saman dahulu supaya tidak kelupaan, kemudian kami turun ke bawah dan berdoa agar acaranya lancar dan kami tampil sebaik mungkin.  Waktu tampil pun tiba. Saat mulai tampil, keluarga dan teman-temanku pun mendekat ke panggung. Formasi tarian dibagi menjadi beberapa baris. Baris terdepan adalah penari dari kelas 8 yang sudah banyak pengalaman tampil. Aku sendiri ditempatkan di barisan kanan. Ketika tampil aku tidak merasa gugup dan mencoba tampil sebaik mungkin sambil tersenyum. Menari saman itu sangat seru, gerakannya makin lama makin cepat dan membuatku seperti terhipnotis. Aku selalu merasa nyaman menari saman berdampingan dengan teman-temanku, dan tidak sedikitpun merasa gugup meskipun penontonnya banyak sekali.  Banyak juga penonton yangmemvideokan tarian kami. Ketika selesai, semua orang bertepuk tangan, kami memberi hormat dan berlarian pergi dari panggung. Lega dan senang sekali rasanya.  Aku ingin tampil lagi tahun depan. Di auditorium, kami berganti pakaian, makan, kemudian sholat. Acara Pensi masih berlangsung sampai jam 4 sore, kemudian kami pulang. Pengalaman menarikan Saman di Pensi sangat berkesan untukku.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mudah menjadi youtuber profesional

Liburanku di Banyuwangi - Menikmati Laut, Gunung dan Hutan